cordova + ionic framework + mysql, crud operation on Android or iOS

tampilan di zenfone 4

Pernahkah agan melihat gambar dibawah ini di tv2 atau iklan2 yang menyertakan aplikasi seperti halnya traveloka ?

yupp, jika pernah melihat,,, aplikasi tersebut dibuat dengan cordova , istilah org bulenya adalah Hybrid Applications. yaitu aplikasi yang bisa berjalan di 2 platform yang berbeda dan akan terlihat sama. dan kebetulan saya akan memberi tutor simple . . :).
membuat aplikasi ini tidaklah sulit, karena ionic memberikan kemudahan dalam membuat apps ini. apalagi yang suka ngoprek2 angularJS+HTML5 seperti halnya ane. . hehee, pasti tidak akan sulit untuk membuatnya. 

syarat :
  • install JDK 8 
  • install cordova
  • install ionic
  • install node.js
setelah semuanya terinstall maka buat project baru. buka CMD di window, atau terminal kalo di linux. ketik perintah :
  • ionic start namaApp blank
  • cd namaApp
  • ionic platform add android //untuk android
  • ionic platform add ios //untuk ios, ini memerlukan xcode dan ios sdk, intinya harus menggunakan mac not windows. hee
  • ionic serve //maka akan berjalan di web browser
Tampilan Di Chrome
ionic berjalan di localhost:8100, ini akan mempercepat pengerjaan membuat aplikasi dibanding kita menggunakan emulator android atau AVD. 
so,,, AVD di laptop saya selalu not respon dan tidak bisa berjalan sama sekali, maklum laptop ane cuma AMD A6 atau standart dual core saja. jadi membuat aplikasi tanpa AVD melainkan pake chrome yang kemudian dijadikan file .APK dan kemudian berjalan di my asus zenfone.

silahkan edit di folder www dalam projectnya. disitu ada index.html, app.js dan file2 java. untuk IDE bisa pake notepad++ dan netbeans, atau bisa pake editor lainnya tergantung selera. jika ane notepad++ dan netbeans. hee

--Penjelasan tentang AngularJS pada ionic.

1) app.js
ini saya gunakan untuk membuat route, ibarat kita ingin ke pasar untuk beli bakwan rute mana yang akan kita gunakan. kurang lebih seperti itu. 

2) service.js
ini saya gunakan untuk layanan berbasis http yang kemudian akan dilanjutkan ke controller, dalam project, saya menggunakan PHP dan mysql untuk mencetak json yang kemudian akan di parsing di service,js

3) controller.js
ini saya gunakan sebagai controller template.

--Simple Crud By Rudy

database dan script php saya taruh di idhostinger karena gretong... bisa di akses di http://herudi-sahimar.16mb.com/select.php itu untuk menampilkan data.

Server Idhostinger


1) Friend list
menampilkan dari database ke list.



2) Add Friend
menambahkan data teman.





3) Friend Detail
melihat detail teman, dalam hal ini menggunakan select where id = blablabla.


4) Edit Friend
update data teman.


5) Delete Friend
hapus teman tinggal tekan button merah di kiri. hapus where id = blablabla



Live On My Zenfone 4





silahkan download source code simpleCrud.rar

my apk file silahkan download simpleCrud.apk 


21 komentar :

21 komentar :

  1. bang boleh minta code phpnya ndak?

    BalasHapus
  2. makasih banyak gan .. sangat membantu !!

    BalasHapus
  3. Hi, i need files .php
    You could make available for download ?

    BalasHapus
  4. mas cara menjalankan aplikasinya gimana, kan php sudah ada trus kalo mau di running dan file php i taruh dimana ya

    BalasHapus
  5. file php nya bisa di share juga gak?
    atau langsung kirim email ahmad.94agis@gmail.com
    thanks.

    BalasHapus
  6. sangat membantu,
    mohon file php and db,
    thanks

    BalasHapus
  7. kalau boleh share file phpnya gan, terima kasih

    BalasHapus
  8. Hello saya tanya sesuatu, saya cuba untuk melaksanakan kod anda menggunakan saya hosting untuk pemulihan fail, dan sentiasa dicerminkan ralat ini: header CORS "Access-kawalan-Benarkan-asal" hilang. Mengapa anda berfikir ??????
    Bagaimana saya boleh mematikan kawalan CORS?

    BalasHapus
  9. mas, minta script phpnya dong.. hehe. makasih mas..

    BalasHapus
  10. i need files to server

    insert.php
    select.php
    update.php
    delete.php

    for download send the link please !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am also looking for the php files. Do you know where I can get that?
      Thanks

      Hapus
  11. Tulisan copas... Ya ngak bisa jawab noh..

    BalasHapus
  12. Tulisan copas... Ya ngak bisa jawab noh..

    BalasHapus
  13. plagiat gan tanpa suber : http://blog.dika.web.id/2015/07/ionic-mobile-framework-codeigniter-3-crud.html

    BalasHapus
  14. mas mau nanya kalau upload foto gimana ya ?

    BalasHapus
  15. maaf gan nanya ... databse nya dimana?

    BalasHapus
  16. bang gak ada tutorial videonya gak klo ada apa channelnya kirim linknya bang nanti ane subs,,,

    BalasHapus